Senin, 12 Desember 2011

PERSAHABATAN ITU INDAH

Cinta itu indah dan aku percaya. Jatuh cinta itu menyenangkan dan aku juga percaya. Tapi diatas semua itu persahabatan itu jauh lebih indah dan aku sangat mempercayainya. 

Aku percaya bukan sekedar mempercayainya tapi karena aku sudah merasakannya, dan memilikinya. Persahabatanku dengannya bukan tanpa masalah, bukan tanpa perbedaan tapi justru dengan banyak perbedaan kadang juga ada sedikit masalah. Pemikiran kami, hidup kami, tujuan kami dan asal usul kami sangat berbeda jauh. Terlebih dari soal ras, kami sangat berbeda dan tentu saja dengan kehidupan berbeda. Dia seperti itu dan aku seperti ini, dia begitu dan aku begini. 

Tapi justru disanalah indahnya persahabatan itu. Diantara sekian banyak perbedaan yang mungkin bagi sebagian orang justru menjadi jurang pemisah namun tidak bagi kami. Toleransi itulah kuncinya, itulah sebabnya mengapa kami bisa bersahabat sampai detik ini dan mengapa kami tak terpisahkan bahkan oleh sekian banyak konfllik perbedaan diluar sana yang memisahkan satu dengan lainnya tapi justru menjadi penyatu kami berdua. 

Dari dia aku belajar, bagaimana menghargai perbedaan, bagaimana menyikapi perbedaan dan bagaimana mengimbangi sebuah perbedaan bukan untukku menjadi sepertinya tapi tetap menjadi diriku tanpa harus mempertentangkan perbedaa. Itulah hal yang tak pernah kupelajari dari teori tapi justru kudapatkan langsung dari hidupku. Kini aku bersyukur memilikinya dalam hidupku, sahabat yang menyayangiku dengan segala perbedaan yang ada padaku, dengan segala kekurangannya dan dengan segala tabiat burukku. 

Aku bukan pribadi yang baik tapi dengan dia disampingku aku bisa menjadi orang baik dan itulah persahabatan. Sebuah ikatan yang mengikatmu dengan hati bukan materi, yang mengikatmu dengan cinta bukan rasa ingin memiliki dan merubahmu menjadi lebih baik. Persahabat itu indah dan aku merasakannya saat dia disampingku hal yang bahkan tak pernah kudapatkan dari seorang kekasih.

Bagaimana denganmu? sayangi sahabatmu dan pahami perbedaan kalian, sejujurnya persahabatan itu ikatan yang paling kuat bahkan lebih dari ikatan sepasang kekasih sekali pun. Jadi....beruntunglah kalian yang memiliki sahabat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan buat yang mau tanya2 atau sekedar sharing