Sabtu, 08 Oktober 2011

LANGKAH AWAL BAGI PENULIS PEMULA

Menulis bagi sebagian orang mungkin pekerjaan yang sulit tapi sebenarnya tidak sesulit itu dan setidaknya tidak lebih sulit dari mengikut ujian sekolah. Kita gak perlu teori dan hafalan, yang kita perlukan adalah hal-hal dibawah ini yang bahkan tanpa teori panjang yang menjenuhkan. Silahkan disimak.

  1. IDE 

Ini bisa berupa imajinasi, apa aja yang ada dalam pikiranmu, catat hal-hal kamu anggap penting dan secara tiba-tiba muncul dikepalamu. Segera catat sebelum lupa karena kamu tidak akan mendapatkan kesempatan kedua untuk mendapatkannya lagi.

  1. TEMA
Untuk yang satu ini kita sudah mulai membuat tulisan kita. Dimulai dari tema maka tulisan kami bisa lebih teratur daripada asal tulis tanpa kejelasan tema apa yang ingin kamu usung. Jadi jangan lupa tulis tema apa yang ingin kamu buat dalam tulisanmu.
  1. JUDUL
Ini adalah salah satu poin penting setelah tema. Dari judul kamu bisa menarik pembaca untuk membaca karyamu dan dari judul pula seorang penerbit akan tertarik dengan karyamu. Kalau judulnya sudah menarik, udah pasti mereka akan ogah2an baca karyanya. Jadi penting diingat buat judul sekeren mungkin yang menari rasa penasaran pembaca tapi jangan terlalu gambang hingga tanpa membaca isinya orang bisa menebak isi tulisanmu.
  1. KARAKTER TOKOH DAN NAMA
Bikin karakter yang unik dan tidak pasaran. Unik disini kamu bisa mendapatkannya dari bahan bacaan seperti novel atau cerpen dan membuat karakter yang berkebalikan dari apa yang kamu baca di novel atau cerpen itu. Sebagai penulis kamu juga harus bisa peka pada lingkunganmu, melihat orang-orang disekitarmua dan mulai memahami karakter mereka masing-masing hingga bisa dijadikan karakter dalam karyamu. Sebuah karya yang bagus adalah karakternya benar-benar nyata dan hidup tapi itu bukan hanya terbatas dari kehidupan nyata. Kalau kamu punya daya khayal yang tinggi sepertiku itu akan lebih mudah membuatmu menciptakan karakter unik dan menyatu dengan ceritamu.  
  1. SETTING LOKASI
Setting lokasi sebagus mungkin yang bisa  menciptakan suatu kondisi yang akan mendukung jalan ceritamu. Kalau romantic setting lokasinya juga harus romantic donk masak di kuburan, jadi horror deh.  
  1. SINOPSIS UMUM
Ini adalah gambaran ceritamu mulai dari awal permulaan cerita sampai ending. Jadi biar nanti ceritamu gak ngeloyor kemana-mana sampai akhirnya kehilangan arah. Buat penulis pemula Sinopsis Umum ini hukumnya wajib. Tapi kalau yang sudah biasa nulis gak perlu.
  1. KERANGKA
Kerangka disini adalah untuk membantu penulisanmu supaya urut gak loncar kesana kemari sampek bikin pembaca bingung. Sebenarnya dariku sendiri kerangka ini gak pernah bener-bener kubikin karena dengan kerangka aku malah bingung dan tulisanku kurang bisa berkembang. Tapi untuk kalian aku menyarankan ini karena ada beberapa penulis yang tanpa kerangka ini tulisan mereka justru amburadul. Nah buat jaga2 dibikin aja, tapi jangan terlalu patokan sama kerangka ya tar malah tulisanmu gak berkembang. Ini hanya jadikan pegangan aja biar tulisanmu gak amburadul kesana kemari.  
  1. SUB BAB ( NOVEL)
Novel itu halamannya banyak, ada yang sampai 400 halaman. Nah sub bab ini untuk membantu penulis berpindah antara bagian satu kebagian lain. Lebih gampangnya bisa dilihat pada novel DINAMIT yang akan terbit Desember 2011 nanti.
  1. TULIS
Nah gak perlu dijelasin lagi, ini sudah saatnya kamu nulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan buat yang mau tanya2 atau sekedar sharing